Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Aturan Taman Margasatwa Ragunan ketika New Normal

Ragunan Zoo

Prosedur kesehatan kebun binatang Ragunan di masa pandemi.


Kebun binatang Ragunan Jakarta sudah dibuka kembali mulai tanggal 20 Juni 2020. Pada suatu akhir pekan di akhir bulan Juli, saya dan istri memutuskan pergi ke Taman Margasatwa ini untuk mengajak anak melihat gajah, jerapah dan buaya.

Sesampainya di gerbang masuk parkir mobil Ragunan, saya disambut oleh keamanan setempat yang menanyakan apakah saya sudah daftar online atau belum. Waduh, cukup terkejut dengan pertanyaan tersebut.

Saya jawab belum, dan nampaknya harus daftar dulu nih untuk bisa masuk ke kebun binatang Ragunan ketika masa New Normal pasca Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) DKI Jakarta.

Setelah melakukan pencarian, ternyata ada aturan bahwa H-1 kunjungan, calon pengunjung Ragunan harus daftar secara online terlebih dahulu untuk membeli tiket masuk. Tapi, nanti tetap bayar masuk dengan Jakcard Bank DKI Ragunan yang biasa.

Apabila sudah punya tiketnya, pengunjung wajib mematuhi protokon kesehatan, antara lain menggunakan masker, jaga jarak, mencuci tangan, dan membawa hand sanitizer. Standar lah, ya.

Satu lagi, pendaftaran tiket ini tidak dibuka setiap waktu. Ada jadwal pembukaannya juga. Jadi, cek form pendaftaran secara online untuk mengetahui waktunya!

Formulir pendaftaran disini

Tapi, si bapak yang menyambut dengan ramah itu kemudian memberikan solusi dengan menanyakan apakah saya atau istri memiliki KTP Jakarta. Sayangnya, kami warga Tangerang Selatan dengan eKTP Banten. Di mobil tidak ada satu pun yang punya KTP DKI. Padahal, cuma perlu 1 untuk bisa masuk sekeluarga.

Setelah itu, si bapak melihat kami membawa anak yang masih balita dan akhirnya menyampaikan kalimat pamungkas sehingga membuat kami mengurungkan niat untuk bersenang-senang di lokasi wisata favorit warga Jabodetabek ini, yaitu anak di bawah usia 10 tahun tidak boleh masuk. Secara, kami ke sini ya mau ngajak anak main.

Tidak cuma itu, ternyata ada beberapa jenis pengunjung yang dilarang atau tidak boleh masuk Taman Margasatwa Ragunan selama masa pandemi, antara lain wanita hamil dan orang berusia di atas 65 tahun.

Perlu diketahui juga, setiap hari Senin, Taman Margasatwa Ragunan libur. Hewan juga ada capeknya kan, jadi Senin adalah hari libur satwa. Dan selama pandemi ini, jumlah pengunjung dalam sehari dibatasi jadi 1.000 orang saja (berdasarkan berita di website resmi Ragunan Zoo).

Sebagai langkah pencegahan sudah datang ke lokasi tapi tidak diizinkan masuk, kalau mau pergi berwisata ke tempat tertentu, cek dulu website atau media sosial resminya kalau ada. Jika tidak ada informasi yang dicari, telepon kontak Humas untuk memastikan.

Oke, itulah pengalaman mampir ke Ragunan yang ingin saya sampaikan. Kecewa sudah pasti, apalagi anak saya yang sudah semangat dari rumah untuk bertemu dengan gajah kesukaannya. Tapi ya apa boleh buat, demi kesehatan dan keselamatan bersama, mau tak mau harus dikerjakan juga. Semoga pandemi COVID-19 segera berakhir.

Posting Komentar untuk "Aturan Taman Margasatwa Ragunan ketika New Normal"

Berlangganan via Email