Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kesegaran Es Legen di Terik Matahari dan Manfaat Buah Siwalan

es legen

Panas terik di siang hari membawa saya untuk menepi sejenak untuk merasakan kesegaran salah satu minuman yang dijajakan di pinggir Jalan Ir. H. Juanda, yaitu es legen.

Es legen adalah nira yang dikumpulkan dari hasil sadapan pohon siwalan. Apabila nira pohon aren bisa dibuat jadi gula merah atau gula aren yang manis atau dijadikan minuman segar yang dinamakan tuak, nira dari pohon lontar tidak bisa dijadikan gula karena aromanya yang agak apek tetapi manis, dan akan menjadi asam jika didiamkan beberapa hari.

Apabila kurang familier dengan sebutan siwalan, nama lain dari pohon atau buah ini adalah lontar. Jadi antara lontar dan siwalan itu adalah sosok yang sama.

Menurut pengakuan penjual es legen di kawasan Ciputat (depan Hotel Ciputat) ia mendapatkan nira tersebut dari Tuban, Jawa Timur. Es legen yang dijual itu tidak dicampur dengan air tambahan agar rasanya pekat.

Penjual menjelaskan bahwa apabila didiamkan lebih dari 3 hari, rasa es legen akan menjadi asam. Rasa yang agak asam itu yang menurutnya justru disukai kebanyakan orang Jawa.

Biasanya, penjual es legen juga menjual buah lontar, bentuknya bulat hitam dengan isi setelah dikupas yang mirip dengan kolang kaling tetapi ukurannya lebih besar dan rasanya seperti kelapa muda.

Bagian tengah buah siwalanyang telah dikupas berisi air yang ketika digigit akan memberikan sensasi air muncrat di mulut.

Sebotol es legen dijual seharga Rp5.000 sedangkan buah lontar yang telah dikupas dihargai Rp15.000 per bungkus.

Khasiat buah

  • Obat sakit lever, kulit dan dermatitis
  • Nira yang telah difermentasi (legen) mampu menjaga kesehatan fungsi ginjal,  menyembuhkan impotensi dan menambah jumlah sperma
  • Akar pohon sebagai obat cacing dan pelancar keluarnya air seni, air rebusan akar juga dapat dimanfaatkan sebagai obat gangguan pernafasan
  • Rebusan kulit batang yang ditambah garam berfungsi sebagai pembersih mulut
  • Arang kulit batang digunakan untuk menyembuhkan sakit gigi

Posting Komentar untuk "Kesegaran Es Legen di Terik Matahari dan Manfaat Buah Siwalan"