Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Gampang! Cara Cek IMEI Hp Sudah Terdaftar atau Belum

pembatasan imei

Akhirnya, 15 September 2020, pengendalian International Mobile Equipment Identity (IMEI) untuk perangkat telekomunikas, seperti smartphone, Hp biasa, dan komputer tablet (HKT) sudah diberlakukan.

Pengendalian kode IMEI ini sengaja dilakukan untuk perlindungan konsumen, pengendalian IMEI pada perangkat telekomunikasi yang dibeli dan menggunakan perangkat yang memenuhi standar, sah atau legal dapat memberikan kepastian hukum kepada operator dalam menghubungkan perangkat yang sah ke jaringan telekomunikasi.

Kebijakan pengendalian IMEI ini sendiri dijalankan atas kerja sama antara Kominfo dengan Kementerian Perindustrian, Kementerian Perdagangan, dan Kementerian Keuangan yang didukung seluruh operator telekomunikasi seluler di Indonesia.

Sejak diberlakukan, sistem Central Equipment Identity Register (CEIR) sebagai pusat pengolahan informasi IMEI telah dibangun oleh Asosiasi Telekomunikasi Seluler Indonesia (ATSI) untuk mengintegrasikan sistem Equipment Identity Register (EIR) dari 5 operator. Penyempurnaan sistem akan terus dilakukan untuk menjamin kesiapan pengendalian IMEI.

Seluruh perangkat HKT yang IMEI nya tidak terdaftar di dalam sistem CEIR, nantinya tidak akan mendapatkan layanan jaringan telekomunikasi seluler.

Cara Cek Kode IMEI di Hp Android


Biasanya, kode IMEI terdapat di sticker kemasan box perangkat atau tempelan di punggung perangkat. Namun, kalau kamu tidak menemukannya. Bisa melakukan cara mudah lain untuk melihat IMEI perangkat.

Tekan *#06# di Hp kamu.

Kalau nomornya sudah muncul, masukkan ke website Kemenperin DISINI.

Selanjutnya, bisa melakukan uji coba perangkat yang akan dibeli dengan memasukkan kartu SIM, dan pastikan perangkat mendapatkan sinyal telekomunikasi dari operator.

Jika tidak mendapat sinyal, perlu diwaspadai bahwa perangkat tersebut tidak terdaftar.

Untuk pembelian secara online, pastikan bahwa penjual menjamin IMEI perangkat sudah tervalidasi dan teregistrasi sehingga dapat digunakan untuk berkomunikasi dalam daringan (daring) atau online.

Tanggung jawab IMEI perangkat yang kamu beli berada di sisi penjual. Jadi, pastikan semuanya aman sebelum melunasi pembayaran, ya!

Cara Daftar IMEI Hp yang Dibeli dari Luar Negeri?


Bagi masyarakat yang membeli HKT secara daring melalui barang kiriman atau membawa perangkat dari luar negeri atau dari Free Trade Zone melalui bandar udara dan pelabuhan, wajib mendeklarasikan, memenuhi kewajiban perpajakan dan dapat mendaftarkan IMEI perangkat melalui website Bea Cukai DISINI.

Pendaftaran juga bisa dilakukan melalui aplikasi perangkat Android bernama Mobile Beacukai yang dapat diunduh melalui Google Play Store.

Aktivasi perangkat menggunakan IMEI yang sudah didaftarkan dengan kartu SIM Indonesia bisa dilakukan maksimal 2x24 jam.

Ada masalah mengenai pengendalian IMEI, silakan hubungi Call Center Kominfo di nomor 159.

Posting Komentar untuk "Gampang! Cara Cek IMEI Hp Sudah Terdaftar atau Belum"

Berlangganan via Email