Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Pengalaman Perpanjang STNK Tahunan Motor di Samsat Plaza Bintaro Jaya

samsat plaza bintaro jaya

Tiba lagi waktunya saya untuk perpanjang STNK motor. Pagi-pagi langsung cus ke Bank BJB Bintaro buat ngurus, tapi ternyata satpam bilang kalau Samsat sudah pindah ke Plaza Bintaro Jaya atau Bintaro Plaza #BinPlaz, tepatnya di lantai 3.

Pas ke Bintaro Plaza, ternyata baru boleh masuk setelah jam 09.00 WIB. Jadilah saya nunggu sejenak sambil ngobrol dengan bapak-bapak yang mau perpanjang STNK tahunan alias bayar pajak nomor kendaraan juga.

Persyaratan untuk perpanjang STNK gampang kok, yaitu bawa asli dari STNK sudah pasti, KTP, BPKB atau surat keterangan dari leasing kalau belum lunas. Kemudian, bawa juga fotokopi dari masing-masing dokumen tersebut untuk diserahkan ke administrasi.

Kalau saya pribadi sih cuma membawa dokumen asli. Soalnya ada layanan fotokopi di Samsat. Namun, untuk mencegah hal-hal tidak diinginkan, seperti mesinnya rusak atau apa, sebaiknya bawa fotokopinya dari rumah saja.

Oh iya, jika kita mewakilkan pengurusan ini ke orang lain. Bawa surat kuasa dengan menyertakan materai Rp10.000, ya!

Akhirnya jam 09.00 WIB. Para pengantri dipersilakan masuk. Check-in aplikasi Peduli Lindungi dulu di pintu masuk, kemudian langsung menuju Samsat di lantai 3. Posisinya tepat di sebelah mushola. Naik ke lantai 3 ternyata capek banget karena eskalatornya belum nyala.

Masuk Samsat langsung ke loket pendaftaran. Serahkan dokumen persyaratan. Lalu, tunggu dipanggil deh.

Samsat Plaza Bintaro Jaya

Selama menunggu saya merasa cukup nyaman sih. Sejuk juga ada kipas. Pengunjung pun tidak terlalu ramai. Cuma karena naik ke lantai 3 dengan effort naik tangga, jadi pas sampai terasa gerah banget aja.

Lanjut. Setelah dipanggil, kita akan diberikan tagihan yang berisi tarif yang harus dibayarkan, termasuk jumlah denda kalau terlambat bayar, ya. Saya pribadi sering telat bayar, kadang dua tahun sekaligus baru bayar karena males ngurusnya, haha. Jangan dicontoh, ya guys ya!

Setelah pembayaran selesai, notis pembayaran diberikan dan STNK distempel sebagai tanda lunas.

Waktu menunggu dari menyerahkan dokumen sampai selesai itu kira-kira sekitar 30 menitan. Tidak lama menurut saya.

Perlu dicatat ya kalau Samsat Plaza Bintaro ini hanya melayani perpanjang STNK. Tidak melayani pembuatan plat nomor kendaraan baru atau perpanjangan pajak setiap 5 tahun itu. Untuk mengurus hal tersebut, silakan ke Samsat pusat.

Kalau untuk warga Ciputat dan sekitarnya, kalau mau buat nomor plat baru atau perpanjang STNK 5 tahun, lakukan di Samsat pusat berada pada Jalan RE Martadinata, Cipayung. Posisinya ada di seberang supermarket Tip Top.

Posting Komentar untuk "Pengalaman Perpanjang STNK Tahunan Motor di Samsat Plaza Bintaro Jaya"