Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Pengalaman Perpanjang Paspor di ULP 2 Daan Mogot, Kantor Imigrasi Jakarta Barat

unit layanan paspor 2 daan mogot jakarta barat

Mendapatkan paspor baru atau memperpanjang paspor bisa menjadi tugas yang melelahkan bagi sebagian orang, tetapi dengan panduan yang tepat, semuanya dapat dilakukan dengan mudah.

Dalam artikel ini, saya akan memberikan panduan langkah demi langkah tentang cara mendapatkan atau memperpanjang paspor di Kantor Unit Layanan Paspor (ULP) 2 Daan Mogot, termasuk hal-hal yang perlu dipersiapkan dan apa yang harus dilakukan setelahnya.

Jangan Lupa Print Surat Pengantar


Setelah bayar pendaftaran lewat aplikasi M-Paspor, jangan lupa print Surat Pengantar dari aplikasi, ini wajib. Jangan kelamaan nanti gak bisa di-download. Kalau terlanjur lupa, screenshot bukti pembayaran di aplikasi M-Paspor sebagai alternatif Surat Pengantar untuk ambil paspor jadi.

Posisi kantor ULP 2 Daan Mogot ada di lantai 2 gedung. Langsung isi nama di depan, nanti dijelasin apa yang harus dilakukan. Kemudian, tunggu dipanggil di dalam untuk cek berkas persyaratan dan bukti pembayaran lewat aplikasi M-Paspor.

Persyaratan Perpanjang Paspor


Untuk perpanjang, syaratnya bawa eKTP asli dan fotokopinya 1 lembar ukuran kertas A4 serta paspor asli dan fotokopinya 1 lembar ukuran A4.

Jika tidak mempersiapkan fotokopi berkas, maka Anda harus fotokopi dulu. Di sini ada, ada di lantai atasnya. Nanti ada pintu bertuliskan fotokopi, nah ketok aja. Akan ada staff yang keluar. Tapi, fotokopi di sini mahal lho, per lembarnya Rp5.000, kacau, mahal banget. Resiko yang harus ditanggung orang butuh dan kelupaan.

Sabar Antre Ya!


Jika persyaratan berkas dan pembayaran sudah beres, lanjut ke sesi foto sekaligus scan sidik jari. Antrenya lumayan lama, hehe. Sabar aja nunggunya sambil internetan atau dengerin ceramah agama.

Setelah sesi foto, nanti akan diberikan tanggal pengambilan. Kita bisa datang lagi ke sini untuk mengambil paspor yang sudah jadi atau menggunakan opsi pengiriman jasa Pos Indonesia.

Kirim Pake Pos Aja


Dikarenakan saya cukup malas untuk kembali ke imigrasi, antri lagi, keluar ongkos lagi, izin dari kantor, maka pilihan jatuh ke jasa Pos Indonesia yang masih ada di area imigrasi. Tepatnya berada di belakang ruang sesi foto, hehe.

Untuk pengiriman ke alamat saya, dikenakan tarif Rp20.000, lebih murah dan tentu saja nyaman daripada harus ongkos ke sini dan antri pengambilan.

***

Demikianlah sharing pengalaman dari saya. Dalam mengurus paspor, persiapan yang baik dan tepat sangatlah penting untuk memudahkan prosesnya. Dengan mengikuti panduan yang disediakan dan mempersiapkan semua dokumen dan persyaratan yang dibutuhkan, Anda dapat memperoleh paspor baru atau memperpanjang paspor dengan mudah dan lancar.

Jangan lupa untuk memeriksa ulang semua persyaratan dan jadwal pengambilan sebelum meninggalkan kantor imigrasi.

Jika Anda memilih pengiriman melalui jasa Pos Indonesia, pastikan untuk membayar tarif yang dikenakan dan memastikan alamat tujuan yang jelas agar paspor Anda dapat dikirim tepat waktu. Dengan begitu, Anda dapat melakukan perjalanan dengan tenang dan aman ke luar negeri.

Posting Komentar untuk "Pengalaman Perpanjang Paspor di ULP 2 Daan Mogot, Kantor Imigrasi Jakarta Barat"