Sabtu, 23 Januari 2016

2 Cara Buktikan Kebenaran Tangan Robot "Iron Man" Tukang Las Bali

Tangan robot IWS

Banten - Setelah beberapa saat masa bodo dengan pemberitaan media massa Indonesia tentang tukang pas di Bali yang mampu membuat tangan robotnya sendiri, akhirnya Kru RRN pun tertarik untuk beropini. Alasan ketertarikan saya untuk berkomentar adalah terkait debat Netizen yang pro dan kontra terhadap keaslian perangkat tangan robot ciptaan pria berinisial IWS.

Awalnya IWS disanjung dengan penemuan yang tujuannya untuk membantu tangan kirinya yang lumpuh agar bisa bergerak lagi, namun belakangan dihujat karena pendapat Nerizen yang menyatakan bahwa tangan 'Iron Man" buatan IWS adalah hoax. Terlepas dari pendapat pro dan kontra Netizen, Kru RRN memiliki opini sendiri untuk membuktikan teknologi robotik yang dikendalikan dengan gelombang otak tersebut.

Teorinya begini, apabila benar IWS mampu mengendalikan tangan robot buatannya itu dengan gelombang otak, berarti ia bisa menggerakkan tangan tersebut tanpa terpasang di tangan kirinya. Betul?

Baca juga: Siap Diperiksa oleh Para Ahli, Tangan Robot Tawan Mendadak Rusak

Mudahnya, gerakkan tangan robot "Iron Man" yang dibuat dengan barang-barang bekas itu dengan sensor gelombang otak seperti yang biasa ia lakukan, TANPA tangan robot itu terpasang di tangan kirinya. Bisa saja ia berakting lumpuh, tetapi sebenarnya tidak. Apabila tangan itu bisa bergerak, maka bisa ditarik kesimpulan bahwa tangan robot itu asli. Namun, jika tidak dapat bergerak, maka tangan robot itu dipastikan hoax.

Alternatif pengetesan selanjutnya adalah membuat orang lain bisa menggerakkan tangan robot buatannya itu. Setidaknya ajarkan wartawan yang meliput tentang berita tangan robot ini untuk memastikan kebenaran berita yang mereka buat.

Bagaimanalah caranya, Kru RRN juga kurang paham. Jika benar IWS bisa menciptakan teknologi super mutakhir itu maka seharusnya ia juga dapat melakukan penyesuaian terhadap sensor gelombang otak agar orang lain bisa menggerakkan tangan robot buatannya itu. Soalnya, kalau sampai teknologi ini benar, senaor otak untuk menggerakkan perangkat elektronik tersebut bisa dikembangkan lebih lanjut. Bahkan teknologi Power Suit seperti di video game Fallout bisa jadi kenyataan.

Demikian opini Kru RRN mengenai cara untuk mengecek tangan "Iron Man" yang sedang heboh saat ini, bahkan kehebohan berita tersebut sampai menenggelamkan kehebohan berita Bom Sarinah Thamrin yang menewaskan hingga 7 nyawa.

Kalau ada yang mau ngetes langsung, silahkan datang ke Bali. Kru RRN sih tidak mau ambil pusing karena berita ini seharusnya tidak perlu sampai dibesar-besarkan. Kasihan IWS, biarkan ia hidup tenang seperti semula.

1 komentar:

Siaran pers, kerja sama, pemasangan iklan dll, dikirim ke email: redaksi[at]radarempoa.com