Sabtu, 30 April 2016

Manfaat Besar eCommerce di Berbagai Bidang Industri

Mendikbud Anies Baswedan (kanan)

Jakarta - Pagelaran Indonesia eCommerce Summit & Expo (IESE) yang merupakan ajang pertemuan bergengsi para pemangku kepentingan di bidang eCommerce telah berakhir. Pada hari ketiga atau terakhir, antusiasme pengunjung dan peserta Summit dan Workshop masih cukup tinggi. 

Tidaklah mengherankan apabila IESE 2016 tetap ramai pengunjung sampai hari terakhir, mengingat para pembicara yang tampil merupakan tokoh-tokoh yang ahli di bidangnya. Misalnya saja pada sesi Summit, para pembicaranya antara lain Kepala Badan Ekonomi Kreatif RI, Triawan Munaf; Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah dan Kebudayaan, Anies Baswedan; serta perwakilan dari pelaku eCommerce dan perusahaan besar di bidang teknologi seperti Tokopedia, Bukalapak, MatahariMall.com, Go-Jek, Google, Facebook, Intel Indonesia, IBM Indonesia, dan lain-lain.

Sementara itu, sesi Workshop pada hari terakhir kembali dibagi menjadi tiga tema utama, yaitu: Start-up, Marketing, dan Teknologi dengan menghadirkan para pembicara dari para pelaku industri eCommerce, perwakilan perusahaan multinasional dan lain-lain.

Baca juga: Dukungan Nyata Publik bagi Kebangkitan eCommerce Indonesia

Kegiatan Summit diisi dengan pemberian alat Telinga Musik Indonesia (Telmi) yang dikembangkan oleh para praktisi teknologi para pemerhati musik Indonesia. Telmi merupakan platform yang akan digunakan untuk mendapatkan data mengenai lagu yang diputar di ruang publik seperti mall, cafe, restoran, dan lain-lain. "Pemanfaatan platform ini dilakukan bekerjasama dengan Lembaga Manajemen Kolektif Nasional. Hal ini kami lakukan untuk mendapatkan gambaran yang tepat mengenai besaran royalti yang bisa diterima oleh para pencipta lagu dan musisi di Indonesia," ujar Triawan.

Pemilihan IESE 2016 sebagai ajang untuk  meluncurkan Telmi menunjukkan peran penting industri eCommerce di berbagai bidang, termasuk industri musik. Menurut Ketua Asosiasi eCommerce Indonesia (IdEA), Daniel Tumiwa, Telmi yang diluncurkan oleh Bekraf membuktikan bagaimana teknologi Internet of Things bisa memberikan solusi bagi industri musik di Indonesia. menurut Triawan Munaf, Internet of Things atau Internet Segala Hal terbukti telah mengubah bagaimana manusia menjalani kehidupan dan berinteraksi.

Pemanfaatan teknologi untuk memberikan solusi bagi permasalah di masyarakat diamini oleh Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah dan Kebudayaan, Anies Baswedan. Menurutnya yang harus diingat oleh para pelaku eCommerce adalah bagaimana memanfaatkan teknologi untuk menjadi solusi. "Para pelaku eCommerce harus bisa menentukan apa masalah atau kebutuhan dari masyarakat lalu manfaatkan teknologi untuk mencari solusi bagi masalah atau kebutuhan tersebut," ujar Anies. Ia juga menekankan hal yang sama kepada para pelajar Indonesia yang kembali ke Indonesia setelah menyelesaikan studi mereka di luar negeri. Para pelajar ini harus mampu mencari solusi bagi masalah di sekitar mereka dengan memanfaatkan teknologi yang tepat dan sesuai kebutuhan. Dengan demikian, eCommerce akan mampu memberikan manfaat yang luar biasa di sektor pendidikan, bahkan sektor lain.

"Internet telah mengubah hidup kita sedemikian rupa dan perkembangan industri eCommerce di Indonesia tidak terlepas dari hal ini. Hal ini menjadi salah satu poin yang ingin kami tunjukkan dari penyelenggaraan IESE 2016," ujar Daniel. Perkembangan pesat eCommerce di Indonesia sangat jelas terlihat dari berbagai paparan yang disampaikan baik pada sesi Summit, Workshop, Mini Stage serta eksibisi para peserta. Momentum pertumbuhan ini harus dimanfaat sebaik mungkin agar Indonesia bisa segera mengejar ketertinggalan dan mewujudkan target menjadi kekuatan digital di Asia, bahkan dunia. 

Berdasarkan catatan panitia, IESE 2016 sampai dengan hari terakhir berhasil menarik sebanyak 6.514 pengunjung. Hal ini sesuai dengan target yang disampaikan oleh Daniel Tumiwa pada saat pembukaan IESE 2016 Rabu (27/04/2016) yang menargetkan pengunjung sebanyak 5 ribu orang. "Kami sangat gembira melihat sambutan yang luar biasa dari para pengunjung serta para peserta Summit dan Workshop yang kami gelar setiap hari di IESE 2016. Kami berharap ke depan acara ini akan menjadi cermin pertumbuhan dan perkembangan industri eCommerce di Indonesia," ujarnya.

Dikarenakan cukup mendulang sukes, IdEA menargetkan untuk menjadikan IESE sebagai event tahunan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Siaran pers, kerja sama, pemasangan iklan dll, dikirim ke email: redaksi[at]radarempoa.com