Jumat, 15 April 2016

Berharap Server Asgard Ragnarok Online Indonesia Bebas dari Bot

Sever baru Asgard

Saya adalah gamer Ragnarok Online (RO) Indonesia sejak tahun 2003 silam. Suka main RO karena kala itu banyak teman seperjuangan dan gameplay-nya seru (belum ada model game mantap seperti ini pada awal tahun 2000an). Saya tipe gamer MMORPG yang suka grinding untuk menaikkan level karakter.

Sebenarnya saya sudah pensiun main game buatan Gravity ini sejak beberapa tahun yang lalu. Meski demikian, ada kalanya kangen dan sekadar login ke game untuk melepas kangen saja. Ada 2 alasan yang menyebabkan saya pensi main RO. Pertama karena bot yang sangat meresahkan, dan kedua karena balancing Job Royal Guard yang membuat karakter saya jadi kacau balau.

Mendengar bahwa RO Indonesia atau IdRO akan membuka server baru yang dinamakan Asgard pada 20 April 2016, saya pun tertarik untuk kembali lagi ke Rune Midgard (dunia yang menjadi latar belakang game). Alasannya adalah Lytogame berjanji lewat promonya bahwa game ini akan menghadirkan Double Protection System, yang membuat gamer lebih nyaman dalam bermain (logika saya, ini akan menghalau program ilegal/bot untuk masuk ke game).

Baca juga: 3X EXP dan Drop Rate, Lytogame Umumkan Server Baru Asgard untuk Ragnarok Online Indonesia

Sebelum mulai dari awal lagi, saya putuskan login ke game untuk memeriksa kondisi para RO Mania di server yang ada, yakni Midgard (gabungan dari 3 server utama: Thor, FnC dan Rebirth). Sekaligus mencoba jadi Taekwon Boy, karena pada pembukaan server Asgard nanti rencananya saya ingin jadi Job Taekwon. Job itu sangat hemat untuk permulaan karena karena tidak butuh senjata sama sekali serta memiliki skill mematikan. Lumayan untuk cari modal, sebelum membuat karakter utama nantinya.

Login ke game, buat karakter, dan ikut dalam pelatihan Novice. Ketika sampai di tahap terakhir pelatihan tersebut, saat bertarung dengan monster, saya menemukan kenyataan yang sangat mengejutkan. Apa itu? Keberadaan bot Job Archer dan Thief di tempat pelatihan Novice. Seharusnya, lokasi itu hanya bisa diakses oleh karakter baru saja dan gamer tidak bisa berubah Job di sana.

Archer aura

Saya tambah kaget karena jumlah mereka sangat banyak dan beraura (menandakan sudah lv.99. Diduga ini milik orang yang sama. Padahal seperti yang diketahui bahwa ada EXP Pinalty bagi karakter jika karakter dan monster mencapai selisih level tertentu. Saya heran, kok bisa-bisanya para Archer dan Thief itu aura di tempat seperti itu dan melawan monster dengan jumlah EXP super kecil. Berarti kejadian ini sudah berlangsung sejak lama, tapi tidak ada penanganan oleh pihak terkait. Apa saja kerja mereka selama ini?

Saya pun semakin shock ketika menyadari bahwa ada Job Warlock area pelatihan Novice. Mungkin anda tidak akan percaya, namun saya berhasil mendapat screenahot-nya. Dengan skill Soul Drain dan Release, ia membantai para Poring di tempat latihan Novice.

Warlock

Pengalaman saya di area pelatihan Novice saat itu sangat tidak mengenakkan. Pasalnya dengan banyaknya Archer dan Thief di tempat itu, sangat sulit bagi saya untuk menyelesaikan queat membunuh Poring. Bagaimana bisa selesai kalau semua Poring yang muncul langsung dipanah oleh mereka? Padahal jika sudah berhasil membunuh Poring, saya bisa langsung keluar dari tempat itu untuk petualangan sesungguhnya di dunia RO, Rune Midgard.

Dari kejadian ini, saya jadi ragu untuk main di server baru. Takutnya hal serupa akan terjadi lagi. Mengingat dulu, Lytogame juga pernah menjanjikan Ragnarok Online Indonesia bebas bot pada promo server gratis pertama, Fun & Chat. Namun nyatanya, tidak sampai setahun, server yang menggunakan game guard Delphine itu akhirnya jebol juga oleh program bot.

Terlepas dari sisi buruknya, pada tanggal 20 April 2016, pada saat pembukaan server baru, saya akan kembali ke Rune Midgard untuk main beberapa waktu. Apabila Lytogame bisa memenuhi janjinya untuk membuat game ini nyaman dimainkan oleh gamer (harapan saya tidak ada bot), maka saya akan terus main dan isi voucher untuk mendukung kelangsungan server dan game master. Hanya saja, apabila ternyata janji itu hanya manis di awalnya dan tidak terbukti, saya akan kembali pensiun dari server resmi Ragnarok Online Indonesia.

Tertanda,

Bunga Teratai

F&C

5 komentar:

  1. Nagayu
    F&C

    Sangat tidak aneh melihat server baru langsung dipenuhi oleh bot. tentunya, banyak pemain lama yang sudah mengerti bagaimana caranya mengakali gameguard atau sejensinya. terlebih lagi game ini adalah game yang sudah cukup lama dan memiliki dedicated program yang bernama "Opencore" dengan segenap penggemarnya. tentunya, justruk yang paling menarik dari game ini adalah kemampuan untuk menjalankan bot.

    memang, asgard dan midgard kembali memiliki pertahanan delphine yang mengacaukan packet untuk login kedalam character server, tetapi seseorang pemula yang megerti mengenai WPE masih bisa mengatasi hal ini.

    Yang kita harapkan tentunya, adalah kerja keras GM untuk menentukan mana karakter bot atau bukan dan mengambil tindakan berdasarkan seleksi tersebut untuk kemudian memberikan hukuman berupa penghapusan account dan karakter. Bukan lagi penjara dengan batas waktu.

    pada akhirnya, RO hanya menjadi game nostalgia yang sudah ketinggalan jaman dan tanpa promosi yang efektif tidak akan pernah dilihat oleh generasi gamer yang baru. rasanya ini adalah alasan utama mengapa bot pada akhirnya bisa berjalan tanpa hambatan di server resmi.

    regards.

    BalasHapus
  2. Saya udh maen ro lg dr tgl 20 kmrn.. bener2 kangen sama nih game yg ga ada BOT.. dan awal2 sih ga ad bot tp kmrn denger2 udh ad bot di map hode.. bener2 dah masi aja bot.. ngeselin pdn kmrn bru ngerasain maen breng lg n hunt breng..

    Regard,
    -Beer-

    BalasHapus
  3. Lyto tanpa Bot? Mustahil gan, GM, admin dll cuma nyari duit dari donasi. Kemarin saya coba main di Asgard, pas baru bikin char, ternyata udah banyak job 3 yg aura, padahal server belum ada 1 bulan. Setelah ditelusurin, ternyata mereka yg udh job 3 aura itu adalah para donatur yg main platinum service. Bukan masalah iri atau ngga, terbukti kemarin ke map hode kayak yg diisukan, ternyata bener, ada beberapa char bot, diajak ngomon diem aja, sampe saya bacotin pun diem. Ga heran kalo banyak anggapan bahwa lyto adalah pencari uang, bukan wadah para gamers. Bayangin, saking nyari uang nya, FAW dijual di server baru dengan harga 20.000 coin, ya sekitar 65.000. Emang sih ga dipaksa buat donasi isi voucher, tapi ya tetep aja, langsung minder lah, apalagi kemarin bikin thief selama 1 jam cuma jadi lvl 29, sedangkan nanya sama yg pake platinum, katanya 3 hari bisa rebirth, brrti kan dikrjar banget buat donasi. Makanya saya urungkan niat buat balik ke Lyto, dan saya bermain di Return, ya lumayan bagus service nya di return, apalagi kalo diliat dari job nya yang saat ini masih baru episode 1, yaitu baru sampai job 2-1, belum ada job 2-2. Ini baru namanya nostalgia, walaupun sempat ada serangan dari pihak luar sampai server hampir colapse, tapi akhirnya skrg server Return lancar jaya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. dimana gan server return nya? & cara maen nya

      Hapus
    2. Sama aja return juga pake duit bro bot juga ada disane gmnye juga linglung bilangnya perjudian dihapus tpi berbeda begitulah gamers untung pasti yg diutamakan andai bisa hunt bareng gw jabanin 24 jam full hunt buat leveling tetep aja lv langsung jauh dengan hunt yg susah payah begitu lah game cara cepett ya harus pake duit,.

      Hapus

Siaran pers, kerja sama, pemasangan iklan dll, dikirim ke email: redaksi[at]radarempoa.com