Selasa, 17 Mei 2016

Microsoft Umumkan Penghentian Project Spark

Project Spark

Salah satu proyek paling hebat dari Microsoft untuk gaming pada tahun ini adalah Project Spark. Proyek tersebut memungkinkan pengguna untuk membuat gamenya sendiri untuk PC berbasis Windows dan Xbox One. Model bisnisnya gratis, namun dengan transasksi mikro yang mengijinkan pengguna untuk meningkatkan dan melakukan kustomisasi.

Tahun 2015 lalu, tim pengembang mengumumkan bahwa proyek ini akan berubah haluan menjadi proyek gratis dan open-source. Namun sayang, saat ini Misrosoft mengumumkan bahwa mereka akan menghentikan seluruh aktivitas dari pengembangan Project Spark.

Community Manager Project Spark, Thomas Gratz menyatakan dalam tulisannya di sebuah forum, "Mulai 13 Mei 2016, 'Project Spark' tidak lagi tersedia untuk diunduh dari Xbox Marketplace atau Windows Store. Untuk pengguna aktif 'Project Spark', layanan online akan dihentikan setelah 12 Agustus 2016. Tanpa layanan, pemain tidak akan bisa mengunduh user-generated content setelah tanggal tersebut."

"Ini adalah keputusan yang sangat berat untuk tim yang mana kami tidak memutuskannya dengan mudah. Ketika 'Project Spark' bertransisi dari pengembangannya di musim gugur lalu, banyak anggota tim kami pindah ke proyek lain di Microsoft Studios. Artinya tidak ada PHK di Microsoft, yang artinya juga tidak mungkin untuk melanjutkan pengembangannya di belakang layar untuk menjaga keberlangsungan 'Project Spark' dengan update dan perbaikan bug. Jadi kami telah sampai pada keputusan ini," lanjutnya.

Dengan 46 paket konten, ribuah aset, dan 16 update sejak diluncurkan, Project Spark adalah salah satu dukungan game dari Microsoft yang lebih baik. Namun perubahan model bisnis membuat kami berfikir bahwa akan ada banyak game yang akan tidak bisa diakses setelah perusahaan dibaliknya memutuskan untuk berhenti mendapat keuntungan, meninggalkan pelanggan tanpa akses ke sesuatu yang telah mereka bayar.


SUMBER

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Siaran pers, kerja sama, pemasangan iklan dll, dikirim ke email: redaksi[at]radarempoa.com