Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Perpanjang SIM dan STNK di Gerai Samsat Gandaria City

Gerai Samsat Gandaria City

Lima tahun berlalu sejak kali pertama saya perpanjang surat izin mengemudi (SIM), akhirnya waktu untuk perpanjang SIM datang lagi di tahun ini.

Asal tahu saja, kalau lewat sehari saja dari batas waktu kadaluarsanya, maka saya harus buat SIM dari awal lagi alias tidak bisa diperpanjang. Oleh karena itu, saya tidak menunggu sampai batas waktu mentok, takut bablas lupa. Nanti makin susah dan tambah biaya.

Oke. Jadi lima tahun yang lalu, saya memperpanjang SIM di kantor polisi Panglima Polim, Blok A, Jakarta Selatan. Kali ini, dikarenakan layanan kepolisian semakin mantap, jadilah saya melakukan perpanjangan SIM di gerai Samsat yang dibuka di mall, tepatnya di Gandaria City (Gancit).

Selain Gancit, ada beberapa lagi pusat perbelanjaan yang ada gerai Samsat untuk perpanjang SIM sekaligus STNK, seperti Blok M Square dan kalau tidak salah juga ada di Cilandak Town Square.

Dikarenakan saat ini perpanjang SIM sudah bisa online, jadi warga Tangerang Selatan seperti saya bisa perpanjang SIM di wilayah Jakarta. Sampai orang luar Pulau Jawa pun sekarang sudah bisa perpanjang di Jakarta, atau sebaliknya, asalkan kota-kota lain itu sudah mendukung atau terintegrasi dengan sistem online lho, ya.

Posisi gerai Samsat Gandaria City ini berada, area parkir mobil atau persis di depan kantin karyawan. Kalau peryama kali datang ke sini, tanya security saja biar tidak nyasar.

Samsat ini beroperasi mulai Senin hingga Sabtu. Namun, layanan Samsat disini selang seling. Mungkin dalam rangka jaga jarak masa new normal, ya.

Jadi, jadwal hari Senin, Selasa, dan Jumat khusus untuk perpanjang STNK, sedangkan Selasa, Kamis, dan Sabtu giliran perpanjang SIM. Dan, di hari Minggu libur.

Dalam rangka new normal, waktu operasinya mulai dari jam 12.00 WIB dengan kuota harian antara 100-150 orang. Akhirnya, Samsat ini kembali dibuka. Tapi, pengunjungnya rame banget, parah!

Teman saya menceritakan pengalamannya ketika ingin perpanjang SIM di hari Rabu. Ternyata, Samsat Gancit hanya melayani perpanjang STNK pada hari itu. Ia pun akhirnya memutuskan untuk perpanjang di Blok A dan kondisinya lebih sepi, jadi tidak perlu antre lama.

Setiap ingin mengurus dokumen di manapun, khususnya Samsat, saya sarankan agar kamu membawa alat tulis atau pena sendiri karena kemungkinan tidak ada alat tulisnya. Cuma ada tempatnya saja. Entah pulpennya ke mana, diambil orang kali. Untunglah saya biasa bawa pena sehingga tidak kesulitan seperti pengunjung Samsat yang lain.

Langkah Perpanjang SIM

  • Ambil form pendaftaran dulu di loket administrasi. Satu SIM, satu form. Jika kamu ingin perpanjang dua SIM (A dan C), maka kamu harus mengisi dua form sekaligus.
  • Isi form yang diberikan. Pastikan kamu memilih tipe SIM yang benar (umumnya SIM A/C). Contoh cara pengisian form dapat kamu lihat pada petunjuk yang terpampang jelas di meja pengisian form.
  • Jika sudah diisi, serahkan form tersebut beserta fotokopi KTP dan SIM, masing-masing 2 lembar. Jika tidak bawa fotokopi, ada jasa fotokopinya kok. Tapi sebaiknya sudah bawa dari rumah, supaya tidak perlu antre.
  • Oh, nanti juga ada tes kesehatan. Standar saja, yaitu tes baca huruf dari jauh dan tes buta warna.
  • Tunggu panggilan untuk foto SIM, scan sidik jari, dan tanda tangan digital (pastikan data diri kamu tidak ada yang salah). SIM baru langsung dicetak saat itu juga. Kemudian bayar biaya administrasi. Kalau saya perpanjang dua SIM sekaligus, SIM A dan C, sehingga kena biaya administrasi Rp300.000 (tarif ini bisa berubah sewaktu-waktu).
  • Kemudian, SIM lama kamu akan diambil oleh pihak kepolisian dan diganti dengan yang baru. Selesai deh, pulang!

Persyaratan Perpanjang STNK


Kalau saya pribadi, belum pernah perpanjang STNK disini. Namun, persyaratannya sama saja seperti di Samsat lainnya.

  • BPKB asli dan fotokopinya
  • STNK asli dan fotokopinya
  • KTP pemilik kendaraan dan fotokopinya
  • Untuk tarif, tergantung jenis kendaraannya, seperti mobil atau motor, besaran CC, dan lainnya

Oke, itulah pengalaman saya untuk memperpanjang SIM pada gerai Samsat yang beroperasi di mall, tepatnya Gancit. Jika ada pertanyaan, silakan tuliskan saja di kolom komentar, ya!

Segera perpanjang SIM kamu kalau sudah mendekati jatuh tempo, setidaknya sepekan sebelum mati lah. Jangan sampai mati, karena jika lewat sehari saja dari batas berlakunya, kamu terancam harus membuat SIM dari pertama lagi, seperti uji kesehatan, tertulis, praktek, dan lainnya yang so pasti akan memakan lebih banyak waktu dan tenaga.

2 komentar untuk "Perpanjang SIM dan STNK di Gerai Samsat Gandaria City"

  1. Apakah kalau telat bisa di samsat gancy

    BalasHapus
    Balasan
    1. seharusnya sih bisa, asalkan nggak sampe ganti plat nomor baru aja

      Hapus