Selasa, 21 Juni 2016

Pengalaman Perpanjang SIM A dan C pada Gerai Samsat Gandaria City, Cepat dan Nyaman

Gerai SIM Samsat

Lima tahun berlalu sejak kali pertama saya perpanjang surat izin mengemudi (SIM), akhirnya waktu untuk perpanjang SIM datang juga di tahun ini. Asal Anda tahu, kalau lewat sehari saja dari batas waktu kadaluarsanya, maka saya harus buat SIM dari awal lagi alias tidak bisa diperpanjang. Oleh karena itu, saya tidak menunggu sampai batas waktu mentok, takut bablas lupa. Nanti makin susah dan tambah biaya.

Oke. Jadi lima tahun yang lalu, saya memperpanjang SIM di kantor polisi Blok A Jakarta Selatan. Kali ini, dikarenakan layanan kepolisian semakin mantap, jadilah saya melakukan perpanjangan SIM di gerai Samsat yang dibuka di Mall, tepatnya di Gandaria City (Gancit). Selain Gancit, ada beberapa lagi pusat perbelanjaan yang ada gerai Samsat untuk perpanjang SIM sekaligus STNK, seperti Blok M Square dan kalau tidak salah juga ada di Cilandak Town Square.

Dikarenakan saat ini perpanjang SIM sudah bisa online, jadi warga Tangerang Selatan seperti saya bisa perpanjang SIM di wilayah Jakarta. Sampai orang luar Pulau Jawa pun sekarang sudah bisa perpanjang di Jakarta, atau sebaliknya, asalkan kota-kota lain itu sudah mendukung atau terintegrasi dengan sistem online.

Posisi gerai Samsat Gandaria City ini berada di lantai 1, dekat area parkir mobil atau persis di depan kantin karyawan. Jadwal operasinya mulai dari jam 09.00 sampai 14.30 WIB, setiap Senin hingga Sabtu. Saya lupa, apakah Minggu juga buka atau tutup. Yang jelas, Sabtu buka, sehingga bagi Anda yang hari kerjanya normal, bisa perpanjang di hari itu.

Saya sarankan agar Anda membawa alat tulis atau pulpen sendiri, karena di gerai ini tidak ada pulpen. Cuma ada tempatnya saja. Entah pulpennya kemana, diambil orang kali. Untunglah saya biasa bawa pulpen sehingga tidak kesulitan seperti pengunjung Samsat yang lain.

Langkah Perpanjang SIM

  1. Ambil form pendaftaran dulu di loket administrasi. Satu SIM, satu form. Jika Anda ingin perpanjang dua SIM (A dan C), maka Anda harus mengisi dua form sekaligus.
  2. Isi form yang diberikan. Pastikan Anda memilih tipe SIM yang benar (umumnya SIM A/C). Contoh cara pengisian form dapat Anda lihat pada petunjuk yang terpampang jelas di meja pengisian form.
  3. Jika sudah diisi, serahkan form tersebut beserta fotokopi KTP dan SIM, masing-masing 2 lembar. Jika Anda tidak bawa fotokopi, administrasi menyediakan jasa fotokopi dengan biaya IDR 3.000 untuk semua fotokopi itu.
  4. Tunggu panggilan untuk foto SIM, scan sidik jari, dan tanda tangan digital (pastikan data diri Anda tidak ada yang salah). SIM baru langsung dicetak saat itu juga. Kemudian bayar biaya administrasi. Kalau saya perpanjang dua SIM sekaligus, SIM A dan C, sehingga kena biaya administrasi IDR 300.000 (tarif dapat berubah sewaktu-waktu).
  5. Selesai, SIM lama Anda akan diambil oleh pihak kepolisian. Pulang deh, atau Anda mau belanja atau nonton dulu di Gancit.

***

Itulah pengalaman saya untuk memperpanjang SIM pada gerai Samsat yang beroperasi di Mall. Apa pendapat Anda tentang proses perpanjang SIM di pusat perbelanjaan, mudah bukan?

Jadi tunggu apalagi, segera perpanjang SIM Anda. Jangan sampai mati, karena jika lewat sehari saja dari batas kadaluarsannya, Anda harus membuat SIM dari pertama lagi, seperti uji kesehatan, tertulis, praktek, dan lainnya yang so pasti akan memakan lebih banyak waktu dan tenaga Anda.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Siaran pers, kerja sama, pemasangan iklan dll, dikirim ke email: redaksi[at]radarempoa.com