Kamis, 22 Desember 2016

Tracer Dituduh Lesbi, Ini yang Sebenarnya Terjadi

Tracer

Overwatch adalah game bergenre MOBA yang dibalut dengan gameplay shooter yang sangat seru. Pada game buatan Blizzard Entertainment ini, pemain tidak hanya dituntut untuk menghabisi nyawa lawan, tetapi juga untuk merebut markas dan beragam misi lain tergantung dari mode permainan yang dipilih.

Dalam rangka menyambut libur natal dan tahun baru, tim Overwatch menerbitkan komik online episode 10 yang berjudul "Reflections" di laman resmi comic.playoverwatch.com. Pada salah satu panelnya, diperlihatkanlah sosok Tracer memperlihatkan adegan yang mungkin membuat pembacanya salah paham dan menilainya sebagai perbuatan yang mencerminkan prilaku LGBT.

Adegan kontroversial

LGBT adalah singkatan dari Lesbian Gay Bisexual Transgender. Sebagian masyarakat menganggap LGBT adalah hak dari setiap individu, asalkan tidak mengganggu atau mempengaruhi orang lain untuk berprilaku serupa. Sementara sebagian yang lain menganggap bahwa LGBT adalah kelainan yang harus disembuhkan karena melawan kodrat alam manusia dan dilarang oleh agama.

Menurut penulis, adegan dalam komik itu tidak seharusnya dinilai sebagai cerminan LGBT. Apabila pembaca memerhatikan dari awal panel, maka dapat dilihat usaha keras Tracer untuk mendapatkan hadiah untuk sahabat wanitanya yang bernama Emily. Dan ketika mengetahui bahwa Tracer membawakan hadiah untuknya, maka secara reflek, Emily memberikan ciuma ke arah pipi sebagai ungkapan rasa terima kasih.

Dikarenakan adegan itu juga, komik Overwatch episode 10 yang berjudul Reflections terpaksa diblokir di negara Rusia. Selain satu panel itu, tidak ada adegan lain yang mengisyaratkan bahwa Tracer dan Emely adalah pelaku LGBT. Bahkan penulis menilai bahwa episode tersebut penuh dengan kehangatan dan rasa kekeluargaan antar karakter.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Siaran pers, kerja sama, pemasangan iklan dll, dikirim ke email: redaksi[at]radarempoa.com