Senin, 01 Januari 2018

Rangkuman Topik Paling Heboh Tahun 2017


Pada penghujung tahun ini, izinkan penulis untuk memberikan kilas balik topik paling heboh yang terjadi di Indonesia selama setahun belakangan. Materi tidak penulis jabarkan secara detail atau garis besarnya saja.

Apabila ingin mengetahui detail dari setiap topik yang disajikan, silakan cari sendiri melaui mesin pencari atau media nasional yang terpercaya.

Berikut adalah daftar 10 topik paling heboh 2017.

Persekusi dan Main Hakim Sendiri

Persekusi adalah perbuatan untuk memaksa seseorang untuk mengakui perbuatan yang sebenarnya tidak dilakukannya. Aksi ini umumnya dilakukan kepada kaum minoritas di wilayah tertentu atau kepada pribadi yang dianggap tidak memiliki kekuatan untuk melawan.

Pada tahun 2017 ini, terjadi beberapa tindak persekusi terhadap ras Tionghoa hingga Ustadz yang tengah melakukan kajian agama Islam.

Sementara main hakim sendiri adalah tindakan masyarakat umum yang melangkahi kewenangan pihak berwajib untuk memberikan hukuman kepada orang atau pihak yang diduga melakukan kejahatan.

Parahnya, di tahun 2017 ini, aksi main hakim sendiri menimpa seseorang teknisi yang sebenarnya tidak bersalah karena dituduh sebagai maling amplifier masjid. Ia harus kehilangan nyawanya karena dianiaya oleh massa.

Fidget Spinner

Mainan yang paling ngetren pada tahun 2017. Nampaknya, orang tua yang memiliki anak yang tengah menempuh pendidikan sekolah dasar (SD) pasti tahu fidget spinner.

Cara main fidget spinner cukup diputar-putar di antara cubitan jari tengah dan ibu jari yang mana jari telunjuk yang memutarkannya. Namun, ada juga sebagian pemain yang terlalu kreatif yang menciptakan trik-trik sulit dalam memainkan mainan yang dibandrol dengan harga yang variatif ini, mulai puluhan ribu hingga jutaan ribu Rupiah.

MK Dukung LGBT

Mahkamah Konstitusi (MK) dituduh melegalkan kumpul kebo (pria dan wanita tinggal bersama tanpa ikatan pernikahan) dan tindak LGBT (lesbian, gay, biseksual dan transgender).

Banyak pihak yang mendukung yang katanya "keputusan" MK tersebut atas dasar hak asasi manusia (HAM) tetapi tidak sedikit juga pihak yang secara tegas menentang atas dasar kesehatan dan larangan agama. Padahal MK sendiri tidak pernah mengeluarkan pernyataan yang melegalkan kumpul kebo maupun prilaku LGBT.

Video Hanna Anisa

Tersebar video sepasang kekasih yang tengah melakukan hubungan seks di luar nikah. Pemeran wanitanya diketahui bernama Hanna Anisa. Video tersebut tersebar dikarenakan ulah orang tak bertanggung jawab yang mengunggah video pasangan itu ke internet dan WhatsApp.

Video mesum tersebut bisa viral karena daya tarik dari Hanna Annisa yang merupakan alumni dari universitas negeri ternama di Indonesia. Pencarian kata kunci "Hanna Anisa" pun mendadak trending di mesin pencari Google selama beberapa pekan, bahkan mengalahkan kata kunci dari kasus heboh Indonesia lainnya.

Viral Baby Shark

Lagu anak dari Pinkfong ini viral di seluruh dunia, termasuk Indonesia, karena tarian yang ditampilkan pada video klipnya banyak diikuti oleh warganet yang kemudian diunggah ke jejaring sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter dan YouTube. Tarian "Baby Shark" mudah untuk diikuti, sementara lirik lagunya pun sangat sederhana sehingga mudah dihapal oleh anak. Dengan viralnya lagu tersebut, Pinkfong akhirnya merilis beragam versi video klip bertema Baby Shark.

Saracen

Sindikat yang beroperasi secara rapi dan tersetruktur di dunia maya dalam menyebarkan konten SARA melalui teknologi informasi dan kominikasi (TIK) ini tertangkap oleh pihak kepolisian Republik Indonesia.

Tertangkapnya sindikat Saracen ini telah membuka mata masyarakat bahwa sebuah isu bisa direkayasa sedemikian rupa untuk keperluan tertentu. Sindikat ini memiliki ribuan akun jejaring sosial yang digunakan untuk menyebarkan konten SARA.

Saracen diduga tidak hanya menyerang agama tertentu tetapi juga menyerang berbagai pihak, termasuk pemerintah dengan teknik adu domba yang sistematis.

Kunjungan Raja Salman

Kehebohan datang Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz al-Saud, untuk kali pertama ke Indonesia setelah puluhan tahun kedatangan terakhirnya membuat masyarakat Indonesia heboh. Raja kelahiran Ryadh, 31 Desember 1935 ini membawa ratusan staf dan belasan Pangeran Kerajaan dalam kunjungan kenegaraan tersebut. Alasan dirinya datang ke Indonesia adalah dalam rangka mempererat hubungan bilateral antara Indonesia dengan Arab Saudi dan untuk keperluan kerja sama ekonomi dengan Indonesia melalui investasi sebesar USD 6 miliar atau sekitar IDR 89 triliun (kurs IDR 13.300).

Akhir Sidang Ahok

Sebenarnya topik Ahok atau Basuki Tjahaja Purnama ini telah dimulai pada pertengahan tahun 2016. Hanya saja, persidangannya baru selesai pada pertengahan tahun 2017 yang mana hakim memvonis bersalah Ahok dan menjatuhinya dengan hukuman kurungan penjara selama dua tahun.

Ahok dinilai telah menistakan ayat suci Al-Quran, yaitu surat Al-Maidah ayat 51 tentang tidak dibenarkannya orang Islam memilih pemimpin kafir atau yang tidak seiman.

Pro kontra terhadap pernyataan Ahok pun menjadi fenomena tersendiri di masyarakat. Buntut dari masalah ini adalah terjadinya demonstrasi atau aksi damai "Bela Islam" besar-besaran.

First Travel

Kasus penipuan jemaah umroh oleh PT First Anugerah Karya Wisata alias First Travel ini telah melukai hati banyak umat Islam yang ingin beribadah ke tanah suci. Jadi, pemilik perusahaan jasa perjalanan umroh tersebut tidak kunjung memenuhi kewajibannya untuk memberangkatkan jemaah yang telah melunasi pembayaran. Masyarakat geram, khususnya umat Islam dan para jemaah umroh yang gagal berangkat. Kasus ini menyeret pasangan suami istri yang merupakan pemilik First Travel ke dalam sel tahanan.

Drama Setya Novanto

Kasus e-KTP akhirnya menyeret politikus yang menjabat sebagai ketua DPR RI Setya Novanto ke meja hijau atas tuduhan korupsi. Pria yang dijuluki "Papa Setnov" oleh warganet ini dianggap kurang kooperatif sehingga menghadirkan beragam drama yang menggelikan, mulai dari dugaan berpura-pura sakit, banjir meme atau gambar lelucon dari warganet yang gerah dengan kelakuannya, setelah sembuh dirinya mengkriminalisasi warganet yang membuat meme atas foto dirinya ketika dirawat di rumah sakit, sampai kecelakaan yang dianggap oleh masyarakat sebagai rekayasa setelah Setnov dipanggil kembali untuk menjalani persidangan.

***

Itulah topik-topik paling heboh di tahun 2017. Terlepas dari topik tersebut, mungkin penulis juga perlu menyinggung topik yang harusnya masuk sebagai nominasi pada artikel ini jika lebih dari 10, yaitu istilah "Kids Jaman Now", pernikahan Raisa dan Hamish Daud, drama patung Macan Cisewu, tulisan plagiat Afi, vlog Indoeskrim Nusantara, meme makan bang Young Lex, sindiran "MOBA kok analog", pencarian bakat Biskuat, dan Pilkada DKI Jakarta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Siaran pers, kerja sama, pemasangan iklan dll, dikirim ke email: redaksi[at]radarempoa.com