Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

5 Tips Rawat Sepeda Motor di Musim Hujan

perawatan motor musim hujan

Ketika memasuki musim hujan, sangat disarankan bagi para pengendara sepeda motor untuk semakin rajin dalam merawat kendaraannya, karena udara lembab dan jalanan yang basah bisa mempengaruhi kinerja motor. Bisa jadi, kalau tidak rajin dirawat, sepeda motor bisa mogok di tengah perjalanan.

Agar sepeda motor tetap prima, kapan pun dan di manapun, setidaknya ada 5 tahap perawatan mudah dan murah yang perlu kamu perhatikan serta lakukan.

1. Oli Mesin


mesin

Pastikan oli mesin motor anda tidak kadaluarsa, maksudnya tidak melebihi batas periode atau jarak ganti oli. Normalnya, oli mesin harus diganti dalam periode 3 bulan sekali atau setelah jarak tempuh mencapai 2.000 Km.

Jika tetap menggunakan oli mesin yang sudah tidak layak pakai, maka kinerja mesin akan tidak maksimal. Masalah terburuknya adalah pengikisan akibat gesekan antar komponen yang ujung-ujungnya merusak mesin.

Pastikan juga paking atau seal mesin motor tidak bocor, dan pastikan tutup oli tertutup dengan rapat agar air tidak merembes masuk. Rembesan air yang masuk ke mesin bisa membuat mesin berkarat, dan oli jadi rusak.

2. Ban


ban

Jagalan agar tekanan angin pada ban motor anda pada tekanan yang sesuai. Anda bisa lihat di buku manual yang diberikan oleh dealer tempat anda beli motor. Biasanya, tekanan ideal untuk ban depan adalah 30 psi, sedangkan ban belakang yakni 32 psi. Ada juga tekanan yang lebih tinggi atau rendah tergantung jenis ban yang digunakan.

Ban kempes akan membuat ban luar maupun ban dalam, termasuk ban tubeless, jadi kurang awet. Efek dari ban kempes juga menyebabkan ban bagian samping mendapat tekanan lebih besar. Jika dibiarkan begitu terus maka ban luar dan ban tubeless akan mendapatkan efek retak-retak, dan ban dalam akan terlipat yang memungkinkan ban tidak awet dan terjadi kebocoran.

Perhatikan juga alur-alur di ban luar, jangan sampai gundul. Demi keselamatan berkendara, ban gundul harus diganti agar tidak selip saat berkendara di jalan basah atau licin. Sebaiknya ganti ke ban baru, jangan ban rekondisi.

3. Rantai


rantai

Poin ini khusus untuk motor yang menggunakan rantai. Bukan belt seperti yang digunakan pada motor matic. Ketegangan rantai ini yang sangat jarang diperhatikan oleh pengendara motor. Padahal semakin seringnya digunakan, maka keteganan rantai semakin berkurang sehingga harus dikencangkan demi mendapatkan kinerja maksimal.

Berikan juga pelumas agar gerakan rantai jadi lebih halus dan licin. Rantai yang kendor rentan membuat rantai terlepas dari gear-nya. Selain itu, dapat melambatkan respon gear depan dalam menarik gear belakang sehingga terciptalah efek kejut ketika anda ngegas jadi kekuatan tarikan kurang maksimal dan berkendara pun jadi kurang nyaman.

Jika sudah diatur sedemikian rupa tetapi rantai masih tetap kendor, atau gear-nya sudah aus (sudah jarang-jarang) maka gantilah rantai dan geat motor anda untuk kinerja yang lebih baik.

4. Rem


rem

Demi keselamatan berkendara, jagalan kepakeman rem motor anda. Periksa kampasnya, depan maupun belakang, termasuk minyak remnya. Jangan biarkan kampas rem sampai habis, karena akan mengikis cakram atau tromol roda. Kurang minyak rem bisa membuat tekanan kampas rem ke cakram atau tromol roda saat ngerem jadi berkurang.

Pada musim hujan, cipratan air ke cakram atau menyusup ke tromol roda bisa menyebabkan rem jadi kurang pakem alias selip. Rem selip saat hujan dan jalanan licin bisa berakibat buruk bagi keselamatan berkendara, seperti nabram trotoar atau kendaran lain, atau yang paling buruk adalah nabrak orang.

5. Kebersihan


kebersihan

Bersihkan motor anda yang kotor akibat terkena hujan, cipratan lumpur atau lainnya. Meski nyuci motor saat musim hujan terkesan sia-sia, tetapi hal tersebut justru diperlukan untuk menjaga agar kotoran itu tidak berubah menjadi flek di body atau karat pada bagian luar mesin, rangka atau knalpot.

Motor yang bersih juga akan membuat anda merasa lebih nyaman dan percaya diri. Percaya tidak percaya, berkendara dengan motor yang bersih akan meningkatkan kenyamanannya karena terasa lebih ringan dan empuk.

Kalau males melakukannya sendiri, lakukan saja di tempat pencucian motor.

***

Demi menjaga kinerja motor anda tetap maksimal di musim hujan, lakukanlah 5 langkah mudah dan murah tersebut.

Jangan cuma karena ngirit uang seperak dua perak, lalu motor jadi rusak sehingga anda harus mengeluarkan biaya ratusan ribu perak demi mengembalikan kinerjanya.

Kalau merasa tidak bisa ya coba dulu, atau anda merasa malas, silahkan bawa motor kesayangan anda ke bengkel motor terdekat untuk di-service.

1 komentar untuk "5 Tips Rawat Sepeda Motor di Musim Hujan"